Hey you, apa kabar aku?

Katanya mau rutin nulis, tapi cuma omong doang. Tulisan terakhir kapan? Hampir setahun lalu. Itu pun hanya resolusi yang sebatas angan-angan. Oke lah, sekarang lumayan rajin nulis di Quora, kadang-kadang. Tapi, hey, diary mu disini. Ingat postingan pertama? Bukan, bukan karya pertama. Tapi tulisan pertama yang kamu niatkan untuk memulai blog ini? Tentang Perjalanan, Pilihan, dan Keputusan.


Ingat? 4 tahun yang lalu kamu memilih jalan ini. Mimpimu amat sangat sederhana. Bangun pagi setiap hari dan mensyukuri hidup yang kamu miliki. Menjadi guru luar biasa bagi murid-murid spesialmu, berharap kamu mendapat satu dua pelajaran hidup dari mereka. Sudahkah mimpi itu kamu wujudkan? Belum. Aku tidak menuntutmu karena lebih dari setengah teman-temanmu sudah lulus terlebih dahulu. Aku tahu kamu melewati perjalanan panjang selama 4 tahun ini dan mulai menemukan mimpi-mimpi yang lain. Kamu bahkan menemukan jalan terang untuk mewujudkan mimpi lamamu, aku hargai itu. Tapi apakah kamu tidak berpikir bahwa mimpimu sudah terlalu banyak tanpa ada satu pun yang selesai? Iya, aku tahu kamu butuh proses. Great things takes time, it's true. Tapi bukan berarti itu bisa kamu jadikan alasan untuk tidak menuntaskan kewajibanmu.


Mau belajar front-end? Boleh, tapi jangan lupa skripsimu.
Mau belajar UI-UX? Boleh, tapi jangan lupa skripsimu.
Mau belajar bikin ilustrasi? Mau nulis buku dongeng billingual? Boleh, tapi jangan lupa skripsimu.
Kerja freelance? Jadi content writer? Translator? Magang sana sini? Boleh banget, tapi jangan lupa skripsimu.

Itu tanggung jawabmu lho. Coba diinget-inget lagi bahagianya dulu waktu pertama jadi mahasiswa baru. Tinggal selangkah lagi, kok. Habis ini mau belajar apapun monggo lah. Mau coba kerja di bidang apapun, gass aja. Tinggal selangkah lagi. Jangan menyerah!

Nggak perlu perduli nyinyiran kanan kiri. Fokus saja dengan jalanmu sendiri. 
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages